Kenali Kartini Sampai Tuntas!

Kartini adalah perempuan yang terlahir dari kalangan priyayi Jawa pada tanggal 21 April 1879. Ia putri dari Bupati Jepara Raden Mas Sosroningrat dari istri pertamanya, namun bukan yang utama. Artinya ketika menikah dengan ibunda Kartini yakni M.A. Ngasirah ia masih menjabat sebagai seorang wedana di Mayong. Seiring berjalannya waktu R.M. Sosroningrat diangkat menjadi Bupati, namun peraturan kolonial ......

Mengapa Aku Mencintai KAMMI

“Orang bijak berkata... bahwa mencintai itu tak butuh alasan.” Jumat, 24 Juni 2011. Semua barang sudah disiapkan. Dicek untuk terakhir kalinya, kemudian melaju ke kampus Unisba. Daurah Marhalah I. Saat itu, diri ini memang belum mengerti kegiatan seperti apa dan untuk apa DM I itu. Di perjalanan, terlintas peristiwa beberapa tahun silam ketika seorang teman mengajak untuk masuk KAMMI....

KAMMI, PENDIDIKAN UNTUK PERADABAN

Indonesia, mendengar kata itu terngiang di benak seorang pemuda akan perjuangan dan pengorbanan para pejuang tangguh. Kini saatnya seorang pemuda ambil alih,...

HIBRIDISASI PENDIDIKAN SEBAGAI KATALISATOR PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN INDONESIA MASA DEPAN

Memasuki abad ke-21 ini, pendidikan nasional Indonesia menghadapi tantangan yang berat yaitu tantangan globalisasi, otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan untuk mengembangkan pendidikan...

Menuju DM 1 KAMMI UPI yang Ideal

“Membentuk kader yang mujahadah dalam beraktualisasi dan beramal dengan intelektualitas yang tinggi menuju generasi Robbani”, Itu yang menjadi fokus kerja Tim Kaderisasi KAMMI UPI kedepan.

Sabtu, 20 April 2013

Apa kata kader akhwat KAMMI UPI tentang Hari Kartini?


‘Brainstorming isu Kartini’ 
pada hari jum’at tgl 12 April 2013 pukul 19.00-06.00 @Sekre Akhwat. Cekidot...! 
 Berikut komentar mereka tentang hari Kartini, setelah acara *Beranda Muslimah 1* 


1.      Neneng (Biologi 2010): emansipasi yg diusung kartini berbeda dgn feminisme. Cara kita utk memperingati hari kartini bukan kpd sosoknya tapi lebih kepada perjuangan dan pergerakannya juga esensi atau substansi dari momentum kartini.
2.      Maya Kusdiantini (Kimia 2011) : harus menulis! pena lebih tajam dr pedang. Utk memperingati hari Kartini salah satunya dengan menulis dan memberi karya-karya nyata.
3.      Desi (Kimia 2011): setelah kita menulis, maka tulisan kita harus dipublikasikan. Seperti tulisan-tulisan Kartini, supaya bisa menginspirasi banyak orang.
4.      Gina (Ekonomi 2012): Kartini itu pekerja keras, tidak mudah menyerah.Ketika tdk tau maka mencari tau, ketika belum tau jati dirinya maka ia terus mencari untuk menemukan identitas dirinya. Kritis.
5.      T’Lucky (Ekonomi 2009): Seperti kata Ali bin Abi Thalib “tidak melihat siapa yang berbicara tapi melihat apa yg dibicarakan” Ketika berbicara kartini tak usah hiraukan siapa dia, tapi lihat perjuangan dia. Ketika beliau blm tau tentang Al-Qur’an maka ia terus mencari tau tentang itu. Maka tugas kita sekarang, dengan akses yang lebih mudah dan fasilitas begitu mewah, harusnya kita bisa lebih baik dari kartini. Dan kartini tidak dijadikan sebagai patokan atau icon perempuan Indonesia yang saklek, karena masih banyak muslimah-muslimah lain yang bisa kita jadikan teladan.
6.      T’salma (PPB 2009): Harus digencarkan gerakan menulis! Kita melihat nilai-nilai pada diri kartini dari berbagai sumber. Kita harus bisa memunculkan sisi lain dari seorang Kartini untuk menutup isu emansipasi yang sekarang ada di masyarakat. Jadi seolah-olah sekarang itu ketika masyarakat mendengar hari Kartini framenya itu, oh iya kartini itu pejuang emansipasi perempuan. Terus paradigma emansipasi yg ada sekarang juga kan cenderung ‘negatif’, padahal kita tau emansipasi yang diusung kartini itu berbeda dgn emansipasi yg digembar-gemborkan sekarang. Terus kalau bisa kita juga harus mengangkat isu tokoh perempuan lain untuk menyaingi isu kartini.
7.      Ajeng (Kimia 2011): ketika perempuan memimpin harus sesuai porsinya, tidak boleh berlebihan. Tau aturan, peran, dan fungsinya mungkin ya.
8.      Sopy (Bhs Daerah 2010): Lihatlah karya dan perjuangan seseorang itu sesuai zamannya, ketika kita melihat karya dan perjuangan para pendahulu kita pada zaman sekarang mungkin tidak akan ada dari karya dan perjuangan mereka yang luar biasa. Maka hargailah keringat orang-orang terdahulu. Lihat segala sesuatu sesuai zamannya!
9.      Hana (Kimia 2012): 21 April diperingati dengan event menulis dan diiming-imingi  dikasih hadiah, agar semangat. Karena ada istilah ya bahwa dengan menulis umur kita akan panjang. Artinya ketika kita sudah mati pun maka tulisan-tulisan kita akan tetap hidup.
10.  T’Resta Ratnaningsih (Kimia 2009): Memperingati atau tidak bagi teteh itu tidak penting. Maka ketika melihat orang-orang yang selalu memperingati hari kartini kita harus luruskan pemikirannya dan pemahamannya, hawatirnya mereka itharus diperbaiki terkait makna dari emu belum tau sejarahnya secara keseluruhan. Jadi tugas kita memperbaiki dari segipemikiran orang-orang yg sekarang yang selalu merayakan hari Kartini.
11.  T’Lia (Bhs Arab 2010): Pencerdasan terkait kontroversi sejarah kartini, harus mengangkat sejarah yang seutuhnya. Kita juga harus memunculkan isu tandingan emansipasi yang lekat pda diri kartini. Memunculkan sosok baru yang menandingi kartini. Kita bisa mengangkat Rahmah El Yunusiyyah beliau terkenal dengan sebutan mujahidah tanpa emansipasi.
12.  Wati (Bhs.Jepang 2010): Presfektif kia harus objektif dalam menilai sejarah. Peradaban eropa bukan peradaban sebenarnya, mereka hanya mencuri apa-apa yang sebenarnya ada dalam islam. Seolah-olah merekalah sang pelopor, padahal tidak! Nah makanya setelah ini kita harus banyak menulis!!! Budayakan menulis sejak kecil seperti orang Jepang, dimulai dengan hal-hal kecil misalnya dengan menulis dibuku harian.
13.  T’ gia (Kimia 2008): emansipasi yang dicanangkan kartini itu berbeda dgn emansipasi yang diusungkan sekarang. Kita redefinisi terkait emansipasi menurut islam itu apa dan menurut sejarah itu seperti apa, kemudian kita padu padankan dan ramu.
14.  Meli (Sejarah 2011): Kartini menulis surat-surat dari hatinya bermula ketidak sengajaan, objektif sosok kartini. Siapapun kartini terlepas dari pemikirannya, latar belakangnya tetap ia adalah seorang manusia yang tidak terlepas dari salah. Maka pada zamannya ia luar biasa karena sudah bisa menuangkan pemikirannya kedalam bentuk tulisan, yang kemudian merubah sejarah pergerakan wanita indonesia. Bukan utk membunuh sosok kartini dengan pro dan kontranya, tapi bagaimana hari ini kita bisa belajar pada sosok kartini dan tokoh lainnya. Maka ketika kartini mampu menjadi pahlawan pada zamannya, maka tidak menutup kemungkinan kita pun mampu menjadi pahlawan pada zaman kita. Aamiin..
15.  Isma (PKK 2011): jangan melihat orang itu hanya pada satu sisi. Belajar dari sejarah.
16.  Putri (Agrin 2011): redefinisi, jangan setengah-setengah dalam mendengar informasi. Sosok kartini yaang luar biasa, karena dari tulisan-tulisannya terlihat pemikiran dia yang semakin berkembang. Kartini itu berkualitas bagi saya!
Sebenarnya masih ada dua orang lagi tapi dikarenakan sakit dan ada yang pulang duluan jadi belum sempat memberikan testimoninya seputar Kartini yaitu Teh Restu (Fisika 2009) dan teh Nurul Hikmah (Pascasarjana)

KENALI KARTINI SAMPAI TUNTAS!


Kartini adalah perempuan yang terlahir dari kalangan priyayi Jawa pada tanggal 21 April 1879. Ia putri dari Bupati Jepara Raden Mas Sosroningrat dari istri pertamanya, namun bukan yang utama. Artinya ketika  menikah dengan ibunda Kartini yakni M.A. Ngasirah ia masih menjabat sebagai seorang wedana di Mayong. Seiring berjalannya waktu R.M. Sosroningrat diangkat menjadi Bupati, namun peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang Bupati beristrikan seorang bangsawan. Sedangkan ibunda Kartini bukanlah keturunan bangsawan, maka ayahnya menikah lagi dengan anak keturunan Raja Madura yakni Raden Ajeng Woerjan (Moerjam). Dari keduanya terlahir sebelas putra dan putri, Katini adalah anak kelima dari sebelas saudara kandung dan tiri, juga merupakan anak perempuan paling besar dari dua saudara perempuannya yang lain. Dari ketiga anak perempuan itu, Kartini lah yang memiliki karakter yang berbeda, lain dari pada yang lain. Semenjak kecil ia sudah sangat lincah dan terlihat kecerdasan juga keunggulannya dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain. Sejak itu hingga usianya 12 tahun Kartini di masukan ke sekolah elit orang-orang Eropa, Europese Lagere School (ELS) dari tahun 1885-1892. Di sekolah ini, Kartini banyak bergaul dengan anak-anak Eropa terutama anak Belanda.
            Setelah usia 12 tahun, Kartini mulai dipingit layaknya anak-anak keluarga priyayi Jawa lainnya dan pada waktu itu lingkungan keluarga Kartini masih sangat kental dengan kultur mistis dan kebatinan. Dari sinilah mulai terjadinya pergolakan batin yang luar biasa dalam diri Kartini, adat istiadat yang telah berurat akar itu dianggap telah mengekangnya sebagai perempuan. Ia merasa haknya untuk mendapatkan pendidikan secara utuh terbatasi, tidak seperti teman-temanya di Eropa sana yang bebas mendapatkan pendidikan. Sejak saat itu pula ia sering melakukan korespondensi dengan teman-temannya yang kebanyakan orang Belanda dan berdarah Yahudi, seperti J. H Abendanon dan istrinya Ny Abendanon Mandri, seorang humanis yang ditugaskan oleh Snouck Hurgronje untuk mendekati Kartini. Ny Abendanon Mandri adalah seorang wanita kelahiran Puerto Rico dan berdarah Yahudi.
            Tokoh lain yang berhubungan dengan Kartini adalah, H. H Van Kol (Orang yang berwenang dalam urusan jajahan untuk Partai Sosial Demokrat di Belanda), Conrad Theodore van Daventer (Anggota Partai Radikal Demokrat Belanda), K. F Holle (Seorang Humanis), dan Christian Snouck Hurgronje (Orientalis yang juga menjabat sebagai Penasihat Pemerintahan Hindia Belanda), dan Estella H Zeehandelar, perempuan yang sering dipanggil Kartini dalam suratnya dengan nama Stella. Stella adalah wanita Yahudi pejuang feminisme radikal yang bermukim di Amsterdam. Selain sebagai pejuang feminisme, Estella juga aktif sebagai anggota Social Democratische Arbeiders Partij (SDAP).
Kartini berkorespondensi dengan Stella sejak 25 Mei 1899. Dengan perantara iklan yang di tempatkan dalam sebuah majalah di Belanda, Kartini berkenalan dengan Stella. Kemudian melalui surat menyurat, Stella memperkenalkan Kartini dengan berbagai ide modern, terutama mengenai perjuangan wanita dan sosialisme. Dalam sebuah suratnya kepada Ny Nellie Van Koll pada 28 Juni 1902, Stella mengakui sebagai seorang Yahudi dan mengatakan antara dirinya dan Kartini mempunyai kesamaan pemikiran tentang Tuhan. Stella mengatakan,”Kartini dilahirkan sebagai seorang Muslim, dan saya dilahirkan sebagai seorang Yahudi. Meskipun demikian, kami mempunyai pikiran yang sama tentang Tuhan. ”
            Dr Th Sumarna dalam bukunya ”Tuhan dan Agama dalam Pergulatan Batin Kartini” menyatakan ada surat-surat Kartini yang tak diterbitkan oleh Ny. Abendanon Mandri, terutama surat-surat yang berkaitan dengan pengalaman batin Kartini dalam dunia okultisme (kebatinan dan mistis). Entah dengan alasan apa, surat-surat tersebut tak diterbitkan. Ny Abendanon hanya menerbitkan kumpulan surat Kartini yang diberi judul ”Door Duisternis tot Licht" (Habis Gelap Terbitlah Terang). Keterangan mengenai kepercayaan Kartini terhadap okultisme hanya didapat dari surat-suratnya yang ditujukan kepada Stella dan keluarga Van Kol. Seperti diketahui, okultisme banyak diajarkan oleh jaringan Freemasonry dan Theosofi, sebagai bagian dari ritual perkumpulan mereka.
            Berikut ini surat-surat Kartini yang sangat kental dengan pemahaman kebatinan Theosofi, sinkretisme yang mengusung doktrin humanisme dan pluralisme agama:
”Ya Tuhan, kadang-kadang saya berharap, alangkah baiknya, jika tidak pernah ada agama. Sebab agama yang seharusnya justru mempersatukan semua manusia, sejak berabad-abad menjadi pangkal perselisihan dan perpecahan, pangkal pertumpahan darah yang sangat ngeri. Orang-orang seibu-sebapak ancam-mengancam berhadap-hadapan, karena berlainan cara mengabdi kepada Tuhan Yang Esa, dan Tuhan Yang Sama.” (Surat Kartini kepada Stella Zehandelaar, 6 November 1899)

”Agama dimaksudkan supaya memberi berkah. Untuk membentuk tali silaturrahmi antara semua makhluk Allah, berkulit putih atau coklat. Tidak pandang pangkat, perempuan atau laki-laki, kepercayan, semuanya kita ini anak Bapak yang seorang itu, Tuhan yang Maha Esa!” (Surat Kartini kepada Ny. Van Kol, 21 Juli 1902)

”Sepanjang hemat kami, agama yang paling indah dan paling suci ialah Kasih Sayang. Dan untuk dapat hidup menurut perintah luhur ini, haruskah seorang mutlak menjadi Kristen? Orang Buddha, Brahma, Yahudi, Islam, bahkan orang kafir pun dapat hidup dengan kasih sayang yang murni. 
” (Surat kepada Ny. Abendanon, 14 Desember 1902)

”Ketahuilah nyonya, bahwa saya anak Budha, dan itu sudah menjadi alasan untuk pantang makan daging. Waktu kecil saya sakit keras; para dokter tidak dapat menolong kami; mereka putus asa. Datanglah seorang Cina (orang hukuman) yang bersahabat denan kami, anak-anak. Dia menawarkan diri menolong saya. Orang tua kami menerimanya, dan saya sembuh. Apa yang tidak berhasil dengan obat-obatan kaum terpelajar, barhasil dengan “obat tukang jamu”. Ia menyembuhkan saya dengan menyuruh saya minim abu lidi sesaji kepada patung kecil dewa Cina. Karena minuman itulah saya menjadi anak leluhur suci Cina itu, yaitu Santik Kong dari Welahan.” (Surat Kartini kepada Ny. Abendanon, 27 Oktober 1902)

”Kami bernama orang Islam karena kami keturunan orang-orang Islam, dan kami adalah orang-orang Islam hanya pada sebutan belaka, tidak lebih. Tuhan, Allah, bagi kami adalah seruan, adalah seruan, adalah bunyi tanpa makna…” (Surat Kartini kepada E. C Abendanon, 15 Agustus 1902).

”Agama yang sesungguhnya adalah kebatinan, dan agama itu bisa dipeluk baik sebagai Nasrani, maupun Islam, dan lain-lain” (Surat kepada Ny. Van Kol, 31 Januari 1903)

”Kalau orang mau juga mengajarkan agama kepada orang Jawa, ajarkanlah kepada mereka Tuhan yang satu-satunya, yaitu Bapak Maha Pengasih, Bapak semua umat, baik Kristen maupun Islam, Buddha maupun Yahudi, dan lain-lain.” (Surat kepada E. C Abendanon, 31 Januari 1903)

”Ia tidak seagama dengan kita, tetapi tidak mengapa, Tuhannya, Tuhan kita. Tuhan kita semua.” (Surat Kepada H. H Van Kol 10 Agustus 1902)

”Betapapun jalan-jalan yang kita lalui berbeda, tapi kesemuanya itu menuju kepada satu tujuan yang sama, yaitu Kebaikan. Kita juga mengabdi kepada Kebaikan, yang tuan sebut Tuhan dan kami sendiri menyebutnya Allah.” (Surat Kartini kepada N. Adriani, 24 September 1902)

“Orang yang tidak kami kenal secara pribadi hendak membuat kami mutlak penganut Theosofi, dia bersedia untuk memberi kami keterangan mengenai segala macam kegelapan di dalam pengetahuan itu. Orang lain yang juga tidak kami kenal menyatakan bahwa tanpa kami sadari sendiri, kami adalah penganut Theosofi.” (Surat Kartini kepada Ny Abendanon, 24 Agustus 1902).

Hari berikutnya kami berbicara dengan Presiden Perkumpulan Theosofi, yang bersedia memberi penerangan kepada kami, lagi-lagi kami mendengar banyak yang membuat kami berpikir.” (Surat Kartini kepada Nyonya Abendanon, 15 September 1902).
             
Ada beberapa hal yang menarik yang harus kita telusuri dan analisis bersama terkait Apakah korespondensi Kartini dengan para keturunan Yahudi penganut humanisme, yang juga diduga kuat sebagai aktivis jaringan Theosofi-Freemasonry, berperan penting dalam mempengaruhi pemikiran Kartini? Ridwan Saidi dalam buku “Fakta dan Data Yahudi di Indonesia” menyebutkan, sebagai orang yang berasal dari keturunan priayi atau elit Jawa dan mempunyai bakat yang besar dalam pendidikan, maka Kartini menjadi bidikan kelompok Theosofi, sebuah kelompok yang juga banyak digerakkan oleh orang-orang Belanda saat itu. Betapa tidak, ia adalah salah satu sosok perempuan berbeda dengan perempuan pada umumnya di masa itu, ia cerdas, berpikiran maju dan pergaulannya luas, namun sayang selama proses perjalanannya itu ia belum menemukan jati dirinya sebagai perempuan Indonesia yang beragama islam (muslim). Sebenarnya ia hanyalah remaja lugu dan polos yang masih memerlukan bimbingan juga pemahaman terkait agamanya. Ia merasa kecewa terhadap agamanya dikarenakan suatu ketika ia sedang belajar ngaji kepada salah seorang gurunya, dan menanyakan arti dan maksud dari ayat Al-Qur’an yang sedang dibacanya itu, maka sang guru melarangnya untuk menanyakan hal-hal yang dianggapnya sakral dan tidak perlu dipertanyakan lagi. Dari sana timbul rasa kecewa terhadap ajarannya, kenapa ia tidak boleh menanyakan hal itu, padahal ia ingin memahami agamanya. Semenjak itu ia sempat tidak mau mengikuti pengajian lagi, karena menurutnya ketika ia mempelajari sesuatu yang tidak dimengertinya juga tidak dipahaminya untuk apa? Percuma, hanya buang-buang waktu dan tenaga. Hal itu terlihat dari surat kiriman Kartini mengenai agamanya kepada Stella:

Mengenai agamaku Islam, Stella, aku harus menceritakan apa? Agama Islam melarang umatnya mendiskusikannya dengan umat agama lain. Lagi pula sebenarnya agamaku karena nenek moyangku Islam. Bagaimana aku dapat mencintai agamaku, kalau aku tidak mengerti, tidak boleh memahaminya? Al-Quran terlalu suci, tidak boleh diterjemahkan kedalam bahasa apa pun. Di sini tidak ada orang yang mengerti bahasa Arab. Di sini orang diajar membaca Al-Quran tetapi tidak mengerti apa yang dibacanya. Kupikir, pekerjaan orang gilakah, orang diajar membaca tapi tidak diajar makna yang dibacanya itu. Sama saja halnya seperti engkau mengajarkan aku buku bahasa Inggris, aku harus hafal kata demi kata, tetapi tidak satu patah kata pun yang kau jelaskan kepadaku apa artinya. Tidak jadi orang sholeh pun tidak apa-apa, asalkan jadi orang yang baik hati, bukankah begitu Stella?” (Surat Kartini kepada Stella, 6 November 1899)

“Dan waktu itu aku tidak mau lagi melakukan hal-hal yang tidak tahu apa perlunya dan apa manfaatnya. Aku tidak mau lagi membaca Al-Quran, belajar menghafal perumpamaan-perumpamaan dengan bahasa asing yang tidak aku mengerti artinya, dan jangan-jangan guru-guruku pun tidak mengerti artinya. Katakanlah kepadaku apa artinya, nanti aku akan mempelajari apa saja. Aku berdosa, kitab yang mulia itu terlalu suci sehingga kami tidak boleh mengerti apa artinya. (Surat Kartini kepada E.E. Abendanon, 15 Agustus 1902)

            Dari surat-surat itu menegaskan bahwa Kartini adalah sosok perempuan yang kritis, yang serba ingin tau atas apa yang sedang ia baca dan ia pelajari. Kecerdasan Kartini itu juga terbukti dengan diterimanya lamaran pengajuan beasiswa ke Belanda oleh pemerintah Hindia-Belanda, namun dengan beberapa pertimbangan dan sulitnya mendapatkan ijin dari pihak keluarga akhirnya ia tidak jadi berangkat, dan beasiswa itu diserahkan kepada sahabatnya yakni H.Agus Salim. Sayangnya, pada saat itu kondisi Indonesia sedang mengalami gejolak pergerakan kaum muda, yang mengharuskan H.Agus Salim sebagai salah seorang tokoh dari kalangan pemuda untuk tetap berada di tanah kelahirannya. Sementara itu, Kartini pun menikah dengan Bupati Rembang Adipati Djojodiningrat yang dikenal sebagai Bupati yang maju dan berpikiran modern yang dilangsungkan dengan cara yang sederhana.

Sebelumnya kita tahu bahwa yang merekatkan hubungan Kartini dengan para elit Belanda adalah Christian Snouck Hurgronje, ia yang mendorong J.H Abendanon agar memberikan perhatian lebih kepada Kartini bersaudara. Hurgronje adalah sahabat Abendanon yang dianggap oleh Kartini dan para sahabatnya (termasuk H.Agus Salim) mengerti soal-soal hukum agama Islam. Atas saran Hurgronje agar Abendanon memperhatikan Kartini bersaudara, sampailah pertemuan antara Abendanon dan Kartini di Jepara. Sebagai seorang orientalis, aktivis Gerakan Politik Etis, dan penasihat pemerintah Hindia Belanda, Snouck Hurgronje juga menaruh perhatian kepada anak-anak dari keluarga priyayi Jawa lainnya. Hurgronje berperan mencari anak-anak dari keluarga terkemuka untuk mengikuti sistem pendidikan Eropa agar proses asimilasi berjalan lancar. Langkah ini persis seperti yang dilakukan sebelumnya oleh gerakan Freemasonry lewat lembaga ”Dienaren van Indie” (Abdi Hindia) di Batavia yang menjaring anak-anak muda yang mempunyai bakat dan minat untuk memperoleh beasiswa. Kader-kader dari ”Dienaren van Indie” kemudian banyak yang menjadi anggota Theosofi dan Freemasonry. Maka dari itu, dengan tidak jadinya Kartini juga H.Agus Salim berangkat ke Belanda untuk menimba ilmu disana melalui jalur beasiswa yang ditawarkan oleh pihak mereka adalah rencana dan takdir Allah yang terbaik, karena jika salah satu dari mereka ada yang berangkat mungkin sejarahnya tidak akan seperti ini lagi. Hal itu juga secara tidak langsung sudah menggagalkan rencana mereka dalam proses asimilasi dan pendoktrinan ajaran Theosofi-Freemasonry kepada generasi muda Indonesia. Allahu Akbar..!
Kembali lagi kepada pembahasan, ketika kita berbicara mengenai sosok Kartini, tentu kita harus melihatnya dari berbagai arah dan sudut pandang. Sungguh tidak adil ketika kita melihat sejarah  hanya berdasarkan pandangan subyektif seseorang atau beberapa tokoh saja, tentu kita harus berpandangan objektif dan harus memahaminya secara integral jangan parsial. Begitupun ketika kita ingin lebih mengenal siapa sosok Kartini sesungguhnya, janganlah hanya membaca salah satu buku kumpulan tulisan-tulisannya yang diterbitkan oleh Abendanon. Jika kita hanya bersumber kepada buku itu, pastilah kita sudah mendefinisikan bahwa sosok Kartini tidak lebih dari sosok perempuan yang hanya bisa curhat lewat surat-surat yang dikirimkannya kepada orang-orang Belanda itu, dan tak ubahnya bahwa Kartini adalah penganut Theosofi dan Pluralisme juga penganut paham Feminisme. Kita tidak tahu bahwa Abendanon adalah seorang pemerintahan Belanda yang membawa misi orientalis itu jujur atau tidak dalam menerbitkan tulisan-tulisan Kartini, siapa tau telah melalu proses pengeditan beberapa kali. Selain itu, ternyata tidak semua surat yang dikirimkan oleh kartin diterbitkan, bahkan tadi mungkin yang telah diterbitkan pun telah mengalami proses editing atau rekayasa dan sebagainya (Wallahu’alam bishowab). Terbukti didalam bukunya ia tidak menceritakan pertemuan Kartini dengan salah seorang ulama terkemuka di Jawa yakni Kyai Haji Muhammad Sholeh bin Umar dari Darat, yang lebih dikenal dengan Kyai Haji Sholeh Darat (guru para ulama besar di Indonesia diantaranya: KH. A.Dahlan (pendiri Muhamadiyah) KH. Hasyim Asyari (pendiri Nahdlatul Ulama NU)). Sejarah ini dituliskan dalam buku Tragedi Kartini (2001), Asma Karimah.
Dalam buku itu disebutkan, suatu ketika ia pergi berkunjung ke rumah pamannya seorang Bupati Demak Pangeran Ario Hadiningrat. Pada saat itu dirumah pamannya sedang dilangsungkan acara pengajian bulanan keluarga, dan Kartini pun ikut mendengarkan dibalik hijab (tabir) bersama Raden Ayu yang lainnya. Ia tertarik dengan pengajian yang disampaikan oleh Kyai Sholeh Darat yang saat itu membahas tentang tafsir Al-Qur’an Surah Al-Fatihah. Selesai acara pengajian pun Kartini mendesak pamannya untuk menemaninya menemui Kyai tersebut. Berikut adalah dialognya seperti yang ditulis oleh Nyonya Fadhila Sholeh, cucu Kyai Sholeh Darat:

“Kyai, perkenankanlah saya menanyakan, bagaimana hukumnya apabila seorang yang berilmu, namun menyembunyikan ilmunya?”.

 Tertegun Kyai Sholeh Darat mendengar pertanyaan Kartini yang diajukan secara diplomatis itu.  

“Mengapa Raden Ajeng bertanya demikian?” 

 Kyai Sholeh Darat balik bertanya, sambil berpikir kalau saja apa yang dimaksud oleh pertanyaan Kartini pernah terlintas dalam pikirannya.

“Kyai, selama hidupku baru kali inilah aku sempat mengerti makna dan arti surat pertama, dan induk Al-Quran yang isinya begitu indah menggetarkan sanubariku. Maka bukan buatan rasa syukur hati aku kepada Allah, namun aku heran tak habis-habisnya, mengapa selama ini para ulama kita melarang keras penerjemahan dan penafsiran Al-Quran dalam bahasa Jawa. Bukankah Al-Quran itu justru kitab pimpinan hidup bahagia dan sejahtera bagi manusia?”
            Pertanyaan itu membuat Kyai Sholeh Darat tergugah untuk menerjemahkan Al-Qur’an kedalam bahasa Jawa. Tapi pada saat itu pemerintah kolonial Belanda secara resmi membuat larangan bahwa tidak ada yang boleh menerjemahkan Al-Qur’an. Dengan kecerdasan dan kecerdikan sang Kyai, akhirnya beliau tetap menerjemahkan Al-Qur’an kedalam bahasa Jawa dengan menggunakan huruf Arab Pegon, tujuannya agar tidak terbaca oleh para kolonial dan tidak dicurigai bahwa sebenarnya itu adalah terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Jawa. Dihari pernikahan Kartini dengan Bupati Rembang Adipati Djojodiningrat, Kyai Sholeh Darat menghadiahkan terjemahan Al-Qur’an (Faizhur Rohman Fit Tafsiril Qur’an) jilid I yang terdiri dari 13 juz, mulai dari Surah Al-Fatihah sampai dengan Surah Ibrahim. Alangkah senangnya Kartini mendapatkan hadiah terjemahan Al-Qur’an itu terlihat dari ungkapannya Selama ini Al-Fatihah gelap bagi saya.  Saya tak mengerti sedikitpun maknanya. Tetapi sejak hari  ini ia menjadi terang-benderang sampai kepada makna tersiratnya,  sebab Romo Kyai telah menerangkannya dalam bahasa Jawa  yang saya pahami.” Mulailah Kartini mempelajari Islam dalam arti yang sesungguhnya. Tapi sayang, tidak lama setelah itu Kyai Sholeh Darat meninggal dunia sebelum menyelesaikan penerjemahan Al-Qur’an kedalam bahasa Jawa. Nama Kyai Sholeh Darat tidak pernah dituliskan secara eksplisit oleh Kartini dalam surat-suratnya, namun kegembiraan Kartini menerima terjemahan Al-Quran pernah ia tuliskan dalam salah satu suratnya.
”Wahai! Kegembiraan orang-orang tua mengenai kembalinya anak-anak yang tersesat kepada jalan yang benar demikian mengharukan. Seorang tua di sini, karena girangnya yang sungguh-sungguh tentang hal itu menyerahkan kepada kami naskah-naskah lama Jawa. Kebanyakan ditulis dengan huruf Arab. Sekarang kami hendak belajar lagi membaca dan menulis huruf Arab. Kamu barangkali tahu, bahwa buku-buku Jawa itu sukar sekali didapat, karena ditulis dengan tangan. Hanya beberapa buah saja yang dicetak.” (Surat Kartini kepada E.C. Abendanon, 17 Agustus 1902) 
            Setelah mendapatkan hadiah terjemahan Al-Qur’an dari Kyai Sholeh Darat Kartini sering menghabiskan waktunya dengan membaca terjemahan itu. Kyai Sholeh telah membawa Kartini ke transformasi spiritual. Pandangan Kartini terhadap Barat (baca:Eropa) berubah. Hal itu terlukiskan dalam surat-surat yang ditulis Kartini pada masa itu.
Sudah lewat masanya, semula kami mengira masyarakat Eropa itu benar-benar satu-satunya yang paling baik, tiada tarnyaa. Maafkan kami. Tetapi apakah  ibu menganggap masyarakat Eropa itu sempurna? Dapatkah ibu menyangkal bahwa di balik hal yang indah dalam masyarakat ibu terdapat banyak hal yang sama sekali tidak patut disebut peradaban?” (Surat Kartini kepada E.C Abendanon 27 Oktober 1902 )
“Kami sekali-kali tidak hendak menjadikan murid-murid kami menjadi orang-orang setengah Eropa atau orang-orang Jawa Kebarat-baratan” (Surat Kartini kepada Ny. Abendanon, 10 Juni 1902)
“Moga-moga kami mendapat rahmat, dapat bekerja membuat umat agama lain memandang agama Islam patut disukai.” (Surat Kartini kepada Ny. Van Kol, 21 Juli 1902)
“Astaghfirullah, alangkah jauhnya saya menyimpang”                                                                
 (Surat Kartini kepada Ny. Abendanon, 5 Maret 1902)

“Ingin benar saya menggunakan gelar tertinggi, yaitu: Hamba Allah.”
 (Surat Kartini kepada Ny. Abendanon, 1 Agustus 1903)

            Demikianlah, menilai Kartini dengan parsial tentu akan mendzaliminya. Jika kita ibaratkan Kartini adalah suatu Maha Karya ciptaan Sang Khaliq maka kita menggunakan orientasi objektif dalam menilainya, yakni memandang suatu karya sebagai sesuatu hal yang mandiri, otonom dan mandiri. Karena kita tahu bahwa Kartini juga manusia biasa yang tak luput dari salah dan khilaf, ketika dulu kehidupan ia yang kental dengan ajaran-ajaran theosofi, sinkretisme dan plural semata-mata itu dikarenakan doktrin dan pengaruh misionaris yang memanfaatkan kecerdasan Kartini demi kepentingan mereka. Seolah-olah mereka ingin menanamkan pola pikir dan pemahaman Barat (Eropa) pada sosok perempuan pribumi yang mampu mempengaruhi dan menjadi sumber inspirasi kaum perempuan Indonesia kedepannya, akhirnya masyarakat indonesia khususnya kaum perempuan beranggapan bahwa perempuan hebat itu ialah mereka yang dididik oleh Barat (Eropa), padahal kenyataanya tidak seperti itu. Semula memang karena keterbatasan dan kurangnya pengetahuan Kartini tentang agama menjadi salah satu penyebab ia mudah terpengaruh dan terpropokasi oleh kaum misionaris. Sehingga masa itu bisa dikatakan masa gelapnya ia, ketika pemikirannya banyak dipengaruhi oleh hal-hal yang berbau ajaran freemason juga keyakinan terhadap agama atau kepercayaannya masih sangat lemah. Namun setelah bertemu dengan Kyai itu, Kartini akhirnya menemukan cahaya yang dari dulu ia cari. Meskipun tidak lama ia meraihnya, karena setahun setelah ditinggalkan oleh Kyai, Kartini pun meninggal dunia diusianya yang ke-25 tahun. Sebagai seorang muslim tentu kita berharap, Kartini meninggal dalam keadaan sempurna keislamannya, tanpa ada lagi noda-noda pemahaman yang mengganggap semua agama sama (pluralisme).
            Dan yang harus kita ketahui bahwa emansipasi yang diusung Kartini dulu berbeda dengan emansipasi yang digembar-gemborkan saat ini. Ketika dulu Kartini menuntut haknya sebagai seorang perempuan untuk bebas mendapatkan pendidikan dan pengajaran untuk bekal hidupnya juga peranannya kelak menjadi seorang istri dan ibu dari anak-anaknya. Seperti yang tertulis dalam suratnya kepada Prof.Anton dan istrinya:

“Kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak-anak perempuan. Bukan sekali-kali kami menginginkan anak-anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya. Tapi kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap dalam melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri kedalam tangannya: menjadi ibu, pendidik manusia pertama-tama” (Surat Kartini kepada Prof. Anton dan Nyonya, 4 Oktober 1902)

Sedangkan emansipasi yang ada sekarang, lebih menuntut untuk kesamaan gender antara kaum laki-laki dan perempuan, bahkan kalau sebagian paham feminisme di Barat menuntut emansipasi itu agar kedudukan perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki. Padahal hal itu sangat bertentangan dengan Islam. Dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 228 dijelaskan bahwa kaum laki-laki memiliki perbedaan dengan kaum perempuan, dan Allah memberikan kelebihan kepada kaum laki-laki dalam hal kepemimpinan yang tidak dimiliki oleh kaum perempuan.
            Diantara kita mungkin ada yang keberatan atau beranggapan tentang hal yang dilakukan Kartini itu adalah sesuatu yang biasa (karya kecil). Kalau hanya sekedar wacana surat-menyurat semua orang juga bisa melakukannya, dan kalau dibandingkan dengan tokoh-tokoh pejuang perempuan yang lainnya seperti Rohana Kudus, Dewi Sartika dan Cut Nyak Dien, Kartini tidaklah ada apa-apanya. Mereka lebih berkarya dan beraksi juga berkontribusi secara nyata dengan mendirikan sekolah khusus perempuan dan adengan langsung turun ke medan perang. Tapi terlepas dari semua itu, tetap kita harus menghargai apa yang telah Kartini lakukan pada masa itu. Mungkin ketika kita melihat apa yang dilakukan Kartini itu dari kaca mata modern tidak akan ada apa-apanya tapi lihatlah seuatu itu sesuai dengan zamannya. Kalau kata Ustadz Salim A. Filah dalam artikelnya yang berjudul Kartini, ‘Kerinduan pada Cahaya di Tengah Gulita’ menyebutkan “Tentu saja, jika semua pembawa cahaya untuk zamannya ditimbang dengan ukuran masa kini, maka mereka hanya akan menjadi lentera usang penuh noda. Lihatlah Kartini dan ukurlah dengan zamannya ketika da’wah adalah kata yang nyaris asing. Selebihnya, mari berrendahhati untuk mengakui keagungan para pendahulu..” Pada masa itu tidak banyak kaum perempuan yang memiliki cara pandang juga pemikiran yang berorientasi pada masa depan bangsa (visioner) seperti Kartini, yang gagasannya itu dituangkan kedalam bentuk tulisan, tak lain itu adalah salah satu bentuk protes juga usahanya untuk menyampaikan aspirasi sebagai kaum perempuan yang merasa haknya belum ia dapatkan sepenuhnya. Kita akui bahwa pada zaman itu Kartini membuktikan pribahasa yang menyebutkan bahwa “pena bisa lebih tajam dari pedang”, lantas apakah pribahasa itu masih berlaku di zaman sekarang? Jawabannya dikembalikan lagi kepada pembaca. Begitupun ketika sekarang kita berbicara tentang Kartini, membahas panjang lebar tentang sejarah kehidupan, pemikiran, juga orang-orang yang ada disekelilingnya tak lain tujuannya agar sosok Kartini yang dijadikan sebagai pahlawan nasional terlihat utuh, tidak parsial. Mulai dari masa jahiliyahnya (gelap) hingga cahaya islam itu datang kepadanya. Karena hakikatnya setiap orang itu bisa disebut sebagai pahlawan dalam bidangnya dan pada zamannya, dan Kartini adalah pahlawan pada bidang tertentu di zamannya. Selain itu pasca penerbitan buku kumpulan surat-surat Kartini, membawa dampak positif kepada pergerakan kaum muda hususnya kaum perempuan dalam peranannya untuk memajukan agama juga bangsanya. Seperti terlahirnya Rahmah El Yunusiyyah tokoh perempuan yang bergerak dibidang pendidikan untuk perempuan dari Sumatra Utara.

(dari Berbagai Sumber)

by BPP KAMMI UPI