Minggu, 08 Mei 2011

How Woman's Roles Today?

HOW WOMAN’S ROLES TODAY?
Oleh Salsabila


How woman’s roles today? Bagaimanakah peranan wanita hari ini? apa saja yang dilakukan oleh para perempuan masa kini? Hari ini telah banyak wanita yang berpendidikan dan memainkan peranan penting dalam berbagai bidang kehidupan, dalam bidang sosial,budaya,politik,hukum,dll. Luar biasa, dengan jumlah yang luar biasa perempuan pun memiliki peranan yang luar biasa.
Tanpanya, kehidupan tidak akan berjalan semestinya. Sebab ia adalah pencetak generasi baru. Sekiranya di muka bumi ini hanya dihuni oleh laki-laki, kehidupan mungkin sudah terhenti beriburibu abad yang lalu. Oleh sebab itu, wanita tidak bisa diremehkan dan diabaikan, karena dibalik semua keberhasilan dan kontinuitas kehidupan, karena adanya peranan wanita.
Pada zamannya kita mengenal istilah Emansipasi, sebetulnya apa itu itu Emansipasi? Emansipasi berasal dari bahasa latin "emancipatio" yang artinya pembebasan dari tangan kekuasaan. Di zaman Romawi dulu, membebaskan seorang anak yang belum dewasa dari kekuasaan orang tua,
sama halnya dengan mengangkat hak dan derajatnya. Adapun makna emansipasi wanita adalah perjuangan sejak abad ke-14M. dalam rangka memperoleh persamaan hak dan kebebasan seperti hakkaum laki-laki.
Lalu bagaimanakah Islam memandang emansipasi ini? Allah Swt telah berfirman bahwasanya kedudukan wanita dan laki-laki di mata Allah adalah sama yang membedakan adalah ketaqwaannya. Secara, Islam telah banyak memuliakan wanita, dimulai dari hal-hal terkecil, adab berpakaian hingga peranannya dalam berbagai bidang. Pada masa Nabi kaum hawa pernah menuntut agar diberi kesempatan melakukan jihad secara kelompok dan terorganisir sebagaimana mereka juga menuntut agar diberi pahala jihad yg sama dgn kaum lelaki. Salah seorang dari sahabat wanita atas nama segenap kaum wanita pada waktu itu mengadu kepada Rasulullah “Wahai Rasulullah aku adl delegasi segenap kaum muslimah kepadamu. Jihad telah diwajibkan oleh Allah atas kaum lelaki. Jika mereka menang mereka mendapatkan balasan pahala dan jika mereka terbunuh maka mereka tetap hidup di sisi Allah dan diberi rizki. Lalu apa bagian kami dari itu semua?” Nabi menjawab “Sampaikanlah kepada segenap kaum muslimah yg engkau temui bahwa keta’atan kepada suami dan memenuhi hak-haknya adl sama dgn itu . Tetapi sedikit sekali dari kalian yg melakukannya.” Disana terlihat bahwa fitrahnya wanita memiliki peranannya tersendiri sebagai penanggung jawab dalam urusan rumah tangga.
Lalu Bagaimana peranan kita sebagai mahasiswi? kita mendapat hak untuk belajar, sama dengan kaum pria. Tapi ada yang perlu diingat bahwa wanita memiliki batasan-batasan tertentu dan kita sebagai umat Islam perlu memperhatikan hal-hal tersebut. Jangan sampai kita sebagai wanita mudah diperalat dengan alasan emansipasi wanita. Dengan mudah mendapat pekerjaan dan mengatas-namakan emansipasi tapi ternyata tengah menodai kehormatan dan kedudukan para wanita. Semua itu intinya adalah untuk menyeret wanita jauh dari nilai-nilai ke-Islaman, menanggalkan busana muslimahnya, menjual kehormatannya. Yang terlihat seperti manis dan terasa indah akan tetapi hakikatnya adalah pahit dan menghancurkan. Dan kini sarana-sarana itu semakin banyak menjerumuskan kaum wanita. Tapi anehnya, mengapa masih banyak yang mengikuti jalur-jalur tersebut?
Lalu bagaiamana kita menanggapi emansipasi wanita yang seperti itu? Apakah teman-teman semua melihat fenomena tersebut? Tidak ada salahnya kita kembali mengintropeksi diri kita kembali, apakah kita ingi menjujung kehormatan kaum wanita yang mulia di sisi Allah Swt? Ataukah ‘kemuliaan’ sementara yang ada di dunia? Semua itu pilihan dan kita dituntut untuk memilih secara bijak. So, kita optimalkan peranan wanita saat ini, yang sesuai dengan syari’at dan tentunya baik untuk dunia dan akhirat. Woman’s today? Be the Best!!^_^

0 komentar:

Posting Komentar