Minggu, 08 Mei 2011

KAMMI dan Kerja Sosial

KAMMI dan Kerja Sosial
(Profil Desa Binaan)
            1,5 tahun sudah dijalani Departemen Pengembangan Masyarakat KAMMI UPI atau yang lebih akrab dipanggil Departemen Pengmasy KAMMI UPI mengabdikan “dirinya” di desa binaan yang dimiliki yang terletak di Kecamatan Parongpong, tepatnya di Kampung Mokla.
            Semuanya berawal ketika Bulan Ramadhan 1430 H, Departemen Pengmasy mengadakan acara Bakti Sosial di kampung tersebut. Dari “inisiasi pertama” itulah muncul hubungan yang mulai harmonis dengan masyarakat sekitar, karena tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat bukanlah “pemakan janji-janji palsu”. Mereka makhluk nyata, dan membutuhkan sebuah kontribusi nyata dari orang yang benar-benar peduli terhadap kehidupan mereka.
            Singkat cerita, pembinaan di Kampung Mokla mulai dilaksanakan. Pada tahun pertama, pembinaan difokuskan terhadap pengembangan pendidikan keislaman bagi anak-anak dan pemuda di lingkungan Kampung Mokla dan beberapa program pemberdayaan masyarakat lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, perlu adanya spesialisasi program yang bisa berdampak nyata, dan di tahun ke dua inilah munculah sebuah ide untuk mengembangkan sebuah pembelajaran tahfidz Al-Qur’an bagi anak-anak sekitar Kampung Mokla. Tak hanya itu, program beasiswa pun diberikan bagi peserta program tahfidz yang bisa memenuhi target yang disyaratkan jika ingin mendapatkan beasiswa tersebut. Bentuk beasiswa berupa pendidikan gratis di sebuah sekolah yang menerapkan sistem “Boarding School” dan pembelajarannya terintegrasi dengan tahfidz Al-Qur’an.
            Itulah sekelumit cerita tentang program desa binaan yang dijalankan oleh Departemen Pengembangan Masyarakat KAMMI UPI. Harapan dan cita-cita besar KAMMI adalah terciptanya generasi muda yang mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya...
Wallahu’alam bishshawab. . .

0 komentar:

Posting Komentar