Selasa, 05 Juli 2011

KAMMI MENYAMBUT RAMADHAN

KAMMI MENYAMBUT RAMADHAN
oleh Aminurasid
Ketua Umum KAMMI Komisariat UPI periode 2011

        

Kata ramadhan bagi umat Islam tidak asing lagi dikarenakan kata tersebut merupakan kata yang sangat identic dengan puasa dimana ramadhan adalah salah satu bulan Islam yang pada waktu tersebut umat Islam dituntut untuk melaksanakan puasa. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183 yaitu “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Menurut kalender Masehi, puasa dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2011. Oleh karena itu, masih ada sekitar tiga minggu lagi bagi kita-umat Islam untuk mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan untuk menyambut bulan yang sangat dirindu-rindukan oleh umat Islam, seperti persiapan fisik, materi, dan ilmu. Tetapi pada tulisan ini saya ingin membicarakan tentang persiapan ilmu.

Persiapan ilmu dalam menyambut ramadhan adalah sangat penting. Sebagaimana ada pepatah yang mengatakan kalau orang beramal tanpa ilmu ibarat orang yang berjalan dan tidak mau tahu arah tujuan yang ingin dicapai. Sebaliknya kalau orang berilmu tetapi tidak diamalkan maka ibarat orang yang ingin ke suatu tempat tetapi dia tetap berdiam diri tidak bergerak selangkah pun untuk berjalan menuju tempat yang hendak ia kunjungi.

Oleh karena itu, mari kita senantiasa mencari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan bulan ramadhan dimulai dari jenis-jenis rukun-rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, sunnah-sunnah puasa, hukum puasa orang lanjut usia, hukum puasa orang yang sakit, wanita hamil, dan menyusui, sampai kepada hukum I’tikaf. Ilmu-ilmu tersebut idealnya harus kita kuasai –sebagai umat Islam-

Perlu kita ketahui bersama bahwasannya jika KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) Komisariat UPI pada tahun lalu yaitu tepatnya pada tahun 2010 pada bulan ramadhan mengadakan baksos (bakti sosial) maka kemungkinan besar untuk tahun ini yaitu tahun 2011, insyaallah KAMMI Komisariat UPI akan mengadakan pintar (pesantren ramadhan)

0 komentar:

Posting Komentar